Cara Cepat dan Mudah Install Windows Vista

Alhamdulilah, Setelah beberapa tempo lalu tutorial cara cepat dan mudah install windows XP diluncurkan disambut antusias oleh pembaca. Beberapa pertanyaan juga dilontarkan untuk membuat beberapa tutorial cara cepat dan mudah Install Windows Vista, Windows 7, Mikrotik dan sebagainya koq tidak dibuat sekalian. Sekali lagi Om minta maaf atas ketidakhadiran alias absen di dunia blogging. Karena tuntutan kerjaan yang begitu padat. Oke deh, kali ini Om bikin tutorial cara install windows Vista. Langsung to the point aja yah …

Dengan menggunakan Microsoft Windows Vista Profesional, tugas anda cukup mudah koq untuk menginstal sistem operasi windows vista. Tingga klak klik saja … ikuti saja langkah langkah berikut ini :

Langkah # 1 :  Merencanakan Installasi Windows Vista

Ketika anda akan menjalankan Setup program Windows Vista, anda harus mengetahui informasinya bagaimana cara menginstall dan mengkonfigurasi Windows Vista.  Perencanaan secara menyeluruh sebelum menginstall Windows Vista akan lebih efisien untuk membantu anda mengatasi berbagai masalah selama instalasi.  Pemahaman konfigurasi akan sangat membantu untuk memastikan installasi anda sudah benar apa belum.

Sebelum anda menginstall Windows Vista, anda harus mengetahui beberapa hal yang perlu diketahui :

  • Periksa terlebih dahulu kebutuhan sistem apakah sudah memenuhi syarat.
  • Periksa kompatibilitas software dan hardware anda
  • Tentukan berapa banyak dan besarnya partisi
  • Tentukan workgroup atau domain untuk setting networknya
  • Menyelesaikan beberapa setting selama instalasi.

Setelah anda sudah yakin, om akan melanjutkan ke Langkah selanjutnya untuk memulai proses instalasi.

Langkah # 2 : Mulai Proses Instalasi

Anda dapat menginstall Windows Vista apabila semua itu sudah valid dan bekerja dengan baik. Itu semua tergantung dengan kebutuhan anda. Dalam tutorial ini, om lebih berfokus cara yang paling sederhana dari proses instalasi langsung dari media DVD Windows Vista.

Langkahnya, masukkan DVD Windows Vista anda ke dalam DVD Drive anda kemudian Reboot/Restart komputer anda. Kemudian akan tampilan proses loading sebentar.

Langkah # 3 : Tampilan GUI di bagian Setup Program

Tidak seperti di versi windows XP,  Windows Vista tidak memiliki fase teks yang terlihat dari proses setup dan tampil ketika booting langsung menuju ke mode Graphical User Interface (GUI). Setelah beberapa saat, tampilan pertama akan anda lihat seperti ini :

Kemudian pilih Next kecuali anda ingin merubah konfigurasi language, time and currency format dan jenis keyboard. Om sarankan settingan defaultnya biar tidak bingung.

Kemudian tekan tombol Install Now.

Setelah beberapa saat anda akan disuruh untuk mengisi product key/ serial number.

Lewati saja bagian ini apabila anda tidak mempunyai serial number Windows Vista. Akan Tetapi, bilamana anda mempunyai serial number yang valid ( Windows Vista yang asli loh .. ) tinggal di isi saja.

Apabila anda melewati itu, anda akan diminta untuk Vista mana yang cocok dengan serial number anda. Kalo om bilang sih, ada pilihan optional deh.

Sekarang anda harus menyetujui linsensi persyaratan seperti dibawah ini :

Kemudian anda wajib memilih Tipe Installasi Custom (Advanced) :

Tombol upgrade dinonaktifkan terlebih dahulu jika dilakukan pada komputer baru atau tanpa sistem operasi sebelumnya. Alias kosong …

Tahap berikutnya yaitu proses memilih partisi untuk installasi. Karena komputer dengan hardisk yang baru apalagi belum diformat sebelumnya, maka anda akan diberikan pilihan untuk membuat partisi baru. Apakah partisi sebelumnya akan dihapus atau membuat tambahan partisi yang lain. Tekan saja tombol advanced untuk memunculkan pilihan seperti gambar dibawah ini :

Karena kita tidak melakukan tambahan apapun, sekarang tinggal tekan tombol Next. Selanjutnya installasi akan membuat partisi di semua ruang disk yang tersedia dan di format.

Proses setup akan mulai menyalin data dari data DVD ke hardisk anda.

Dan membutuhkan beberapa menit untuk menunggu. Saatnya bikin kopi dan merokok ( bagi yang merokok ) hehehe …

Setelah anda menunggu beberapa menit, proses setup akan menginstall untuk meng-update sistem operasi. ( waktu yang dibutuhkan tergantung dengan spesifikasi hardware anda )

Setelah itu komputer akan secara otomatis restart.

AKhirnya setelah penantian yang panjang dimana proses installasi sedang mengkonfigurasi sistem. Sekali lagi sistem akan mengkalkulasi waktu yg dibutuhkan sesuai perangkat keras komputer anda.

Hehehe .. anda akan dibuat menunggu tapi tenang ini yang terakhir, sistem akan restart sekali lagi. Anda pasti akan berpikiran koq installasi nya sangat lama sekali untuk mengkonfigurasi sistem yang hanya menampilkan layar hitam saja. Relax bro … itu lagi proses, namanya aja sistem lagi kerja .. kalo komputer anda kek Becak ya sudahlah .. ditinggal tidur pas nginstall. Yang terakhir, nanti akan muncul note kecil. so, jangan panik yah ..

Dibagian ini, anda akan diminta memasukkan username dan password untuk pertama kalinya. Jadi jangan sampe lupa ya …

Apabila anda melanjutkan tanpa memasukkan password, maka sistem akan melewati bagian ini. Tapi amat sangat disarankan untuk memasukkan password dan pilihan password yang kompleks dan setidaknya minimal 7 karakter atau lebih seperti gabungan huruf dengan angka dengan besar kecilnya huruf sangat sensitif loh. Jadi jangan sampe anda lupa.

Selain itu pilih tampilan foto anda, tapi pilihan ini bisa anda lewati dan bisa anda setting nanti. Kalo pengen diganti, pilih salah satu dengan mengisi nama dari komputer anda. Kemudian secara otomatis program akan membuat pondasi dasar username yang anda pilih di pilihan sebelumnya tetapi anda bisa menggantinya nanti. ( om lanjutin langkah selanjutnya yah … )

Selain itu anda bisa memilih background untuk tampilan dekstop anda. Tapi ga gitu penting sih .. anda bisa lewati saja babak ini. ( Langsung ke langkah selanjutnya biar cepet kelar installnya )

Catatan kecil : Setting ini sangat penting untuk kedepannya apabila komputer anda memiliki akses internet dan hendak mengupdate Sistem Operasi Vista anda dengan menggunakan Microsoft Windows Update ( Automatic Updates ).

Langkah selanjutnya pilih setting Time Zone dan kemudian pilih lokasi anda :

Akhirnya selesai sudah Install windows Vista. Selamat anda telah melewati proses ini dengan benar dan anda sudah layak menginstall laptop/PC anda sendiri. ( bagi yang belum pernah menginstall Windows Vista )

Setelah menunggu beberapa lama dan beberapa tampilan promosi, anda akan melihat proses lingkaran yang berputar dimana itu sedang dalam proses tampilan Windows Vista pertama kali.



At least, tampilan untuk yang pertama kali sudah muncul. Sukses deh !

Sebagai catatan tambahan ketika komputer terhubung dengan internet ketika menginstall, secara otomatis akan mendownload dan memperbarui konfigurasi sistem yang lama. Well … Sampai disini Panduan cara menginstall Windows Vista, selanjutnya akan om buat panduan installasi microsoft windows 7.

Related Posts