Cara Mengatasi Sharing File dari Access is Denied di Windows XP

Hari ini betul – betul sangat mengesalkan. Seharian di buat pusing oleh kelakuan virus yang menganggu. Entah apa itu virusnya, tetapi yang pasti virus yang berasal dari vietnam mengganggu akses jaringan sistem sharing and security windows XP SP2. virus menyebar melalui Yahoo Messenger dan Skype. Hampir semua akses sharing komputer di kantor mati total. Bah .. sungguh menjengkelkan.

Teman – teman dikantor mengeluh dengan kejadian ini, langsung saja saya beraksi … hehehe. Dengan seperangkat laptop dan hardisk eksternal berisi antivirus cukup untuk menuntaskan virus ini. Saya coba pake Antivirus AVG, Antivirus Avira, Antivirus Smadav masih saja menempel di folder yang tersembunyi. Pusing kepala deh … Akhirnya saya mencoba antivirus NOD32antivirus kaspersky dan antivirus Norman. Pertama saya coba pake NOD32 versi 4 bla bla bla … eh ternyata berhasil. Setelah itu saya scan lagi menggunakan Smadav untuk memperbaiki register windows yang error. Tapi berhubung saya tidak mencatat nama virusnya alias lupa, nanti saja kalo sudah balik ke kantor akan saya tengok log2 nya.

Masalah lain akhirnya menghampiri diriku, ternyata sharing and security nya wafat. Bused … apa – apaan nih ! Padahal virusnya uda mampus loh … Langsung saya check di service windows nya, di bagian DHCP active, computer browser active, workstation active, server active juga. Selain itu, firewall windows dan antivirus sudah off, begitu juga login guest sudah diaktifkan. Trus apa lagi ya penyebabnya.

Baca2 di om google lagi deh, pencarian 15 menit ternyata tidak sia – sia juga. Dari sebuah forum luar yang membahas mengenai sharing access is denied ! Ck ck ck … ternyata banyak banget problem nya. Tapi ada satu tips yang menarik dari seseorang yang bernama Peter. Dia mencoba mengutak utik dari register dan ketika saya terapkan tipsnya, ternyata berhasil bro ! Mo tahu tipsnya ? Berikut tipsnya :

1. Kamu langsung saja ketik regedit di menu Run
2. Setelah masuk di Regedit langsung saja ke bagian ini HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Control/Lsa
3. Lalu ubah value of key nya di bagian “restrictanonymous” ke 0 untuk di nonaktifkan.
4. Trus direstart.

Hal yang Sepele tapi efeknya bikin pusing kepala. Tapi lumayanlah dapat pengalaman baru untuk troubleshoot Cara Mengatasi Sharing File dari Access is Denied di Windows XP. Saya tulis troubleshoot ini diblog biar saya tidak lupa … hehehe … maklum pelupa bro. Oke deh, sampai ketemu di troubleshoot lainnya.

Related Posts