Loading...

Gimana Sih Caranya Membersihkan Laptop atau Notebook Dengan Pintar, Mau Tau ?

By Tuesday, December 18th, 2012 Kategori : Tips dan Trik

loading...

Bagi yang sudah mempunyai laptop atau notebook wajib membaca artikel ini, Why ? Penting banget deh karena bakalan nyesel kalo ga pernah membersihkan laptop.  Uda keren2 bawa notebook sambil nongkrong di cafe ternyata notebooknya penuh dengan debu apalagi dengan si pengguna adalah perokok dan tidak pernah mandi yg kerjaannya cuman online mulu … sudah pasti banyak bolot (** dlm bahasa jawa ) 😀

laptop bekas ataupun laptop baru tidak akan keliatan apabila seringkali dibersihkan dan yang terpenting masih kinclong. Pernah sesekali omdimas baca buku panduan “Gimana sih caranya menggunakan laptop dengan pintar ?” akhirnya omdimas memutuskan untuk menulis tentang tips ini.

Kata pintar yang omdimas selipkan dimari bukan berarti harus memakai kondom loh (** ups) maksudnya karet pengaman loh, jangan mikir yang parno dulu dah ! Dalam arti anda pintar merawat laptop anda hingga usia 5 tahun kedepan tanpa merusak lcd, keyboard, body atau komponen yang lain nya. Daripada ngalor ngidul lebih baik ke TKP aja … monggo dibaca :

1. Sapulah Dengan Kuas atau Sikat Gigi

Mengapa yang pertama omdimas saranin pake kuas ? Karena sebelum lantai dipel, pertama kan harus di sapu dulu. itu logikanya ! cukup beli kuas cat di toko bangunan yang modalnya ga sampe goceng alias Rp 5000,- . Dengan catatan, beli kuas yang lembut yah seperti kuas besi. Murah meriah dan awet koq kuas nya. Debunya disapu terlebih dulu bagian yang susah dijangkau bila menggunakan kain terutama di bagian keyboard. Kalo sikat gigi bisa digunakan apabila ada sudut yang susah dijangkau dan susah dibersihkan. Tapi jangan lupa beli sikat gigi yang halus juga yah !

2. Gunakan Blower

Abis disapu pasti ada sisa2 tuh, omdimas saranin pake blower saja jangan pake hembusan nafas. Why ? Kadangkala saat meniup, secara tidak sengaja ada air liur yang ikut tertiup jadi pas niup di bagian komponen tertentu seperti motherboard saat bersihin kipas bisa bikin korsleting. Kalo bingung penampakan blowernya bisa dilihat dibawah ini.

3. Pakailah Kain atau Tisu yang Lembut

Setelah ditiup pake blower, saatnya dipel yah ! tapi jangan pake air yang berlebihan dan digunakan khusus dibagian luar saja ! jangan menggunakan air di bagian komponen elektronika, bisa2 laptop anda tidak bisa hidup kembali dan akhirnya masuk service-an. Pake air untuk membersihkan noda yang membandel, lalu cukup disemprot pake semprotan air seperti contoh alat semprotan untuk seterika trus di bilas pake kain atau tisu yang lembut dan saat membilas arahnya harus searah. Cling CLing … bersih dah !

Oh iya, jangan pake kertas sama sabun yang kasar karena bisa merusak body atau lcd menjadi tergores.

Tips ini digunakan untuk bagian luar laptop saja” bukan di bagian dalam laptop seperti membersihkan kipas karena sangat rawan dan membutuhkan keterampilan khusus untuk membukanya. Tapi tenang saja, omdimas usahain untuk bagi2 info untuk bagaimana caranya membuka laptop untuk membersihkan kipas atau pengen mempreteli komponen laptop satu-persatu. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda, Ciayo !

loading...
Gimana Sih Caranya Membersihkan Laptop atau Notebook Dengan Pintar, Mau Tau ? | Omdimas | 4.5