Manfaat Buah Nanas

Buah Nanas yang tumbuh di daerah tropis terutama indonesia mempunyai manfaat yang besar untuk tubuh kita. Om biasanya mengkonsumsi buah nanas nya waktu beli rujak atau di PKL yang menjual gelo-gelo. Disebut nanas berasal dari istilah orang tupi dengan menyebutnya anana yang berarti buah yang sangat baik. Oleh karena itu, buah ini mempunyai khasiat yang sangat baik untuk tubuh.

Manfaat buah nanas Manfaat Buah Nanas

Hampir 90% kandungan air nya tedapat di buah nanas. Kaya akan mineral seperti kalsium, kalium, sulfur, lodium, asam, khlor, vitamin B12, Biotin, Enzim bromelin dan vitamin E. Kandungan gizi yang terdapat di buah nanas mampu mengobati berbagai macam penyakit. Manfaat buah nanas dapat anda simak berikut ini :

1. Manfaat buah nanas untuk mengobati luka dan membantu pencernaan

Enzim bromelin yang terdapat di buah nanas bermanfaat sebagai obat melegakan tenggorokan selain itu bisa membantu pencernaan di tubuh. Enzim bromelin bekerja dengan mencerna protein di dalam makanan agar mudah diserap oleh tubuh dan mampu mempercepat kinerja penyembuhan luka dan mengurangi adanya pembengkakan di dalam tubuh.

2. Khasiat buah nanas untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imun

Asam amino esensial dan non esensial yang terdapat di buah nanas mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengembalikan stamina tubuh karena kelelahan. Ada juga zat valine dan leucine yang sanga bagus untuk masa pertumbuhan  dan memperbaiki jaringan otot tubuh.  zat yang termasuk kategori esensial ini digunakan mempertahankan tingkat energi sedangkan zat amino non esensial dan proline bekerja sebagai pertahanan fungsi sendi, tendon dan memperkuat otot jantung. Buah nanas juga mengandung cystine yaitu suatu zat yang berfungsi untuk pembentukan kulit dan rambut sehingga proses penuaan dini menjadi terhambat.

3. Manfaat buah nanas untuk menurunkan berat badan

Buah nanas ternyata merupakan salah satu buah yang dianjurkan saat melakukan program diet. Cukup dengan mengkonsumsi buah nanas yang belum begitu matang, kemudian di kupas dan dibersihkan dengan air. Potonglah buah nanas secukupnya untuk dijadikan jus atau diparut lalu diperas airnya. Minumlah air tersebut tanpa campuran apapun dan diminum sebanyak 2 kali dalam sehari.

Manfaat dan khasiat buah nanas lainnya masih sangat banyak akan tetapi selain menjadi buah-buahan yang bermanfaat ternyata ada efek samping yang sangat berbahaya apabila mengkonsumsi buah nanas. Kandungan buah nanas terdapat zat abortivum yang mana sejenis obat untuk menggugurkan kandungan dan buah nanas yang sudah difermentasi mengandung alkohol. Sehingga dapat menimbulkan rematik dan radang sendi. Selain itu buah nanas yang sudah masak mempunyai kandungan kadar gula yang tinggi sehingga pengidap diabetes dianjurkan untuk mengurangi porsi bahkan menghindari.

Related Posts