Manfaat Daun Dewa

pinit fg en rect gray 28 Manfaat Daun Dewa

manfaat daun dewa Manfaat Daun DewaPernahkah anda mengenal daun dewa dan Tahukah anda manfaat daun dewa ? Golongan tumbuhan semak tumbuh subur sekitar 0-1000 meter dari atas permukaan laut dan bisa tumbuh hingga 50 cm. Berujung lancip, berdaun tunggal, tangkap yang pendek dan mempunyai bentuk bundar seperti telur. Warna putih pada rambutnya yang mendominasi di dua permukaan daunnya. Warna hijau tua yang berada dibagian atas permukaan daun kalo bagian bawahnya warnanya hijau muda. Sedangkan di bagian bunga ada di ujung batang yang berwarna kuning dan bentuknya bonggol.

Dengan nama latin bervariasi Gynura divaricata, Gynura pseudochina atau Gynura segetum Lour Merr sudah dikenal di ilmu kedokteran sebagai obat antikanker. Daun dewa ini juga dikenal sebagai beluntas cina atau biasa disebut samsit. Menurut penelitian bisa menghambat tumbuhnya tumor paru-paru  dan bisa menghambat tumbuhnya sel kanker.

Ada sebuah buku Kebun Tanaman Obat Karyasari membahas manfaat daun dewa mampu mengobati kejang-kejang untuk anak-anak dan berbagai jenis komplikasi pendarahan. Selain itu bisa menjadi obat untuk luka lebam yang habis dipukul, telat datang bulan, pendarahan yang dialami wanita, bengkak di bagian payudara, penyakit batuk hingga muntah darah.

Cara mengkonsumsinya sangat sederhana yaitu beberapa daun dewa secukupnya yang ditumbuk menjadi halus atau direbus langsung lalu disaring diambil airnya saja untuk diminum. Sangat dianjurkan untuk anak-anak yang mengalami kejang-kejang dengan diberi air minum dari batang daunnya.

Cara kerja daun dewa yaitu dari zat antikoagulan yang dikandung daun dewa yang berfungsi mencairkan membekunya darah, menstimulasi sirkulasi darah, menghentikan pendarahan, demam, efek farmakologis nya hingga menghilangkan racun yang ada di tubuh. Daun dewa juga terdapat zat-zat seperti tanin, minyak atsiri, flavonoid dan saponin. apakah itu koagulan ? koagulan adalah zat yang mempunyai fungsi untuk mempercepat pembekuan darah.

Selain itu ada manfaat daun dewa untuk mengobati kutil bahkan tumor dan sudah dikenal sebagai ramuan cina untuk menetralisir tumor dan kanker.

– Untuk kutil cara pengobatannya adalah dengan cara menghaluskan daun kemudian ditempelkan kebagian yang sakit dan biarkan ramuan tersebut hingga hari berikutnya.

– Untuk tumor, bisa mengkonsumsi daun dewa sebagai lalapan dan tentu saja harus dibersihkan terlebih dahulu.

– Untuk kanker, membuat ramuan dari daun dewa segar sebanyak 30 gram, ditambah temu putih sebanyak 20 gram, ditambah pula jomba sebanyak 30 gram. Rebus terlebih dahulu dengan air sebanyak 600 cc hingga mendidih separonya, lalu saringlah airnya dan diminum.

Related Posts