Manfaat Sayur Bayam

Sayur bayam yang mempunyai daun lebar ini ternyata sangat bermanfaat untuk tubuh manusia. Jenis bayam ada dua yaitu bayam merah dan bayam hijau. Sayur bayam mempunyai kandungan gizi yang banyak seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E sedangkan kandungan mineral lainnya antara lain zat besi, sodium potasium, fosforus, zink, magnasium mangan, kalium, kalsium dan beta karotena.

manfaat sayur bayam Manfaat Sayur Bayam

Manfaat sayur bayam sangatlah banyak dan dipercaya mempunyai khasiat yang baik untuk anak, ibu menyusui, demam panas, kekurangan darah, pendarahan dan penyakit ginjal. Biasanya, cara mengkonsumsi bayam adalah direbus kemudian diminum secara rutin. Khasiat bayam dapat memperbaiki kualitas penglihatan dan memperkuat fungsi hati.

Khasiat sayur bayam sangatlah banyak dari kandungan vitamin A untuk pigmen penglihatan, membantu limposit, meningkatkan immune, menjaga saluran pernapasan, antioksidan, menjaga kesehatan kulit dan rambut, membentuk dan memelihara tulang dan gigi serta membantu proses reproduksi.

Sayur bayam juga mengandung vitamin C yang dapat menghambat penuaan dini, menghaluskan kulit dan menghambat kerja enzim tirosinase yang mana membantu pembentukan pigmen kulit.

Ada juga kandungan vitamin E nya yang berfungsi sebagai antioksidan yang bisa melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Selain itu dapat mencegah pembekuan darah, mencairkan darah yang beku, mencegah penyumbatan darah, melindungi dinding pembuluh darah, meningkatkan pembentukan sel darah merah dan sebagainya.

Sayur bayam juga mengandung zat besi yang bertugas meningkatkan produksi hemoglobin sehingga pengiriman oksigen ke seluruh tubuh menjadi lancar. Zat mineral yang terkandung dari sayur bayam adalah membangun tulang dan gigi, meningkatkan kinerja otot, saraf, menjaga kinerja jantung dan menghindari pembekuan darah.

Related Posts