Museum Perjuangan Rakyat Bali di Lapangan Renon

pinit fg en rect gray 28 Museum Perjuangan Rakyat Bali di Lapangan Renon

museum perjuangan rakyat bali 1 225x300 Museum Perjuangan Rakyat Bali di Lapangan RenonMuseum Renon atau bisa disebut Museum Perjuangan Rakyat Bali adalah tempat wisata pertama kali yang saya kunjungi ketika tiba di Bali. Monumen ini di dirikan pada tahun 1980 yakni dari ide Dr. Ida Bagus Mantra yang mana saat itu adalah Gubernur Bali. Ide itu di keluarkan tentang museum dan monumen untuk perjuangan rakyat Bali.

Lalu pada tahun 1981 diadakan sayembara desain monumen di dimenangkan oleh Ida Bagus Yadnya, mahasiswa arsitektur Fakultas Teknik Universitas Udayana.  Lalu pada tahun 1988 merupakan peletakan batu pertama dan baru selesai kurang lebih 13 tahun pembangunan monumen selesai. Tahun 2001, bangunan fisik monumen telah selesai. kemudian pengisian dan penataan lingkungan monumen dilakukan. Dan dibuka secara umum pada bulan Juni 2003 dilakukan oleh Presiden RI yakni Ibu Megawati Soekarnoputri.

Monumen terletak di kawasan Lapangan Renon dan menarik perhatian bagi semua orang karena tempat nya terawat dan menara yang tinggi serta arsitektur khas bali yang menakjubkan. Lokasi ini di depan Gedung kantor Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Bali di lapangan Renon Nitimandala. Tempat dimana pertempuran para rakyat Bali melawan pasukan penjajah. Perang ini disebut dengan “Perang Puputan”. Dan monumen ini di dirikan untuk menghormati para pahlawan dan penghormatan atas perjuangan rakyat Bali.

Untuk tiket masuk saya mengeluarkan kocek 10 ribu untuk dua orang, jadi setiap orang dewasa @ Rp. 5.000,-. Harga tiket masuk sangat variatif, karena dibedakan untuk turis domestik dan turis mancanegara.Setelah masuk melewati gapura sebagai pintu masuk, sungguh sangat besar dan luas. Monumen ini berada diluas tanah 138.830 meter persegi dan luas bangunan 4.900 meter persegi. Untuk masalah koleksi monumen ini adalah menampilkan perjuangan rakyat Bali. Terdapat 17 dioarama yang ada di monumen yang terletak di Jalan Raya Puputan Niti Mandala ini. Diantaranya mengisahkan perjuangan di zaman kerajaan di Bali saat menentang penjajahan.

Disini ada miniatur dan catatan sejarah yang menjelaskan perjuangan rakyat Bali sewaktu menentang penjajahan, lukisan khas Bali, perpustakaan, tempat belanja makanan khas Bali dan kerajinan Bali. Kemudian bila anda menaiki di menara yang tingginya puluhan meter, bisa mendapatkan pemandangan segala penjuru kota Denpasar.Sungguh tempat yang menyenangkan dan jangan lupa untuk mengabadikan moment ini dengan mempotret segala sudut museum perjuangan rakyat bali ini.

Have fun

Related Posts