Loading...

Obat Manjur Asam Urat

By Friday, February 21st, 2014 Kategori : Kesehatan

Asam urat merupakan senyawa yang susah larut dalam air dan merupakan hasil akhir dari metabolisme purin. Purin berada pada tubuh kita dan sering dijumpai dalam setiap makanan dari sel hidup. Seperti makanan dari tumbuhan, hewan dan minuman.

Asam urat sendiri sebenarnya merupakan salah satu penyakit rematik. Terdapat sekitar 100-an jenis rematik, namun yang membedakan asam urat dengan rematik pada umumnya adalah asam urat/gout lebih menyerang pada bagian persendian, khususnya sendi-sendi jari.

loading...

Cara mengobati asam urat :

1. Olahraga teratur

Sebisa mungkin setiap hari olahraga ringan. Seperti jalan kaki, karena dengan jalan kaki dapat membakar kalori, memperkuat otot dan memperkuat tulang tanpa menganggu persendian yang sakit. Untuk melakukan olahraga sebaiknya meminta pendapat dokter atau terapi supaya mengetahui gerakan-gerakan terbaik.

2. Konsumsi daun salam

Untuk mengatasi asam urat daun salam dapat membantu anda mengobati penyakit tersebut. Caranya dengan : Rebus daun 10 daun salam dengan 700cc air, tunggulah beberapa saat sampat air tertinggal 200cc, kemudian minumlaah selagi hangat.

Baca juga :  Manfaat Jambu Air

3. Banyak-banyak minum air putih

Dalam mengkonsumsi air putih setiap harinya dapat membantu anda dalam mengatasi asam urat. Karena air putih dipercaya membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

4. Konsumsi buah mengkudu

Buah ini dipercaya memiliki khasiat sebagai pengurang rasa nyeri dan antiinflamasi alamiah. Ekstraknya dapat menghambat enzim siklooksigenase-2(COX-2) yang akan menyingkirkan penimbul rasa nyeri, prostaglandin (PGE). Ia juga mengandung senyawa scopoletin yang memiliki sifat antiinflamasi.

5. Hindari alkohol

Berdasarkan penelitian diketahui bahwa kadar asam urat orang yang mengonsumsi alkohol lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi alkohol. Hal ini adalah karena alkohol akan meningkatkan asam laktat plasma. Asam laktat ini akan menghambat pengeluaran asam urat dari tubuh.

6. Konsumsi karbohidrat

Karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi sangat baik dikonsumsi oleh penderita gangguan asam urat karena akan meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin. Konsumsi karbohidrat kompleks ini sebaiknya tidak kurang dari 100 gram per hari. Karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali, dan sirop sebaiknya dihindari karena fruktosa akan meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Baca juga :  Tips Menambah Tinggi Badan

7. Rendah protein

Protein terutama yang berasal dari hewan dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Sumber makanan yang mengandung protein hewani dalam jumlah yang tinggi. Misalnya hati, ginjal, otak, paru dan limpa. Asupan protein yang dianjurkan bagi penderita gangguan asam urat adalah sebesar 50-70 gram/hari atau 0,8-1 gram/kg berat badan/hari. Sumber protein yang disarankan adalah protein nabati yang berasal dari susu, keju dan telur.

loading...
Obat Manjur Asam Urat | Omdimas | 4.5

Send this to a friend