Pantai Parangtritis Yogyakarta

18012009667 resize 300x225 Pantai Parangtritis YogyakartaAwal minggu Februari kemaren saya jalan – jalan di kota Yogyakarta, dan sudah saya sebutkan di beberapa posting sebelumnya. Kali ini saya “jalan – jalan santai” bersama teman “seperjuangan proklamasi“, He3x … agak di lebih2 kan ya juragan … Target nya saat itu adalah Pantai Parangtriris, yang merupakan salah satu pantai yang kerap dikunjungi wisatawan baik domestik maupun luar negeri. Yang terletak di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta. sebagai tempat bersantai ria dengan keluarga, membuat pengunjung kerapkali untuk tempat piknik keluarga.

Ini adalah kunjungan saya ke 4 kalinya ke tempat menakjubkan ini, mungkin bagi orang – orang menganggap tempat yang mistik tapi saya hanya menginginkan panorama nya untuk melepas penat.

Tipe pasir di pantai ini sangat beragam loh dan unik. lalu, di bagian belakang bilamana arahnya kelaut, banyak pegunungan kapur dan gua sebagai tempat sarang burung wallet.

Untuk luas di pantai Parangtritis ini sangat menarik apabila di telusuri dari ujung ke ujung. Capeeee pasti deh untuk urusan ini, tetapi sangat menyenangkan karena udara laut dan angin yang menyejukkan. Bila merasa males, tinggal menyewa saja delman atau kuda yang melayani jasa untuk mengelilingi pantai ini.

Kemaren pas mengunjungi pantai parangtritis, bertepatan dengan musim liburan sekolah loh. Rame banget dan suasananya sangat antusias. Ada yang maen voli pantai, berenang di tepi pantai, sepakbola, foto bersama dan lain – lain.

Sebelumnya saya menyebutkan tempat ini penuh mistik, yakni terkenal akan legenda yang misterius tentang Ratu Laut Selatan, yaitu “Kanjeng Ratu Kidul“. Legenda ini berkisah Kanjeng Ratu Kidul menikah dengan salah satu keturunan Kerajaan Mataram, Panembahan Senopati.

Ada salah satu tempat di Pantai Parangtritis ini yang sangat alami yaitu kolam renang. Ceritanya ditemukan oleh Sri Sultan Hamengkubowono VII. Kolam renang ini terbentuk dari dinding pada salah satu tebing lalu menetes air yang mengandung kalsium secara continue dan membentuk sebuah kolam dengan air yang sangat jernih. Tapi sayang sekali, saya baru mendengar berita ini dari internet dan belum mengunjunginya.

Saya ke Pantai ini melewati rute dari Kota Yogyakarta – Kretek – dan Parangtritis. Dengan menggunakan sepeda motor, kurang lebih 25 km dari pusat yogyakarta … bisa ditempuh kurang dari 1 jam saja. Ada sih rute yang lain, yakni Yogyakarta – Imogiri – Siluk – Parangtritis. Ini adalah jalur rute untuk turis yang terdapat pemakaman keluarga raja, tempat makam bangsawan Mataram dan keturunan, Kota Gede dan Imogiri.

Saran buat yang mengunjungi pantai Parangtritis, lihat lah papan larangan yang terpasang di sepanjang pantai. Untuk keamanan saja, karena akhir – akhir ini banyak kejadian tragedi yang disebabkan air pasang atau seretan arus pantai serta jangan jauh – jauh berenang dari tepi pantai.

Selamat menikmati liburan deh ^_^

Related Posts