Loading...

Pura Luhur Tanah Lot di Bali

By Monday, January 19th, 2009 Kategori : Info Wisata

pura_tanah_lot_6Wisata Tanah Lot Bali – Setelah berkunjung di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, saya langsung menuju ke Pura Tanah Lot. Menurut informasi yang saya dapatkan dari berbagai media dan narasumber, tempat ini terdapat legenda sebuah kisah perjalanan pendeta dari Jawa Timur. Nanti akan saya ulas mengenai perjalanan ini.

Pura Tanah Lot terletak di desa Beraban yakni 13 Km sebelah barat Tabanan,  dan selalu di jadikan sebagai objek wisata yang wajib di kunjungi. Sebenarnya tempat ini sebagai momentum paling bagus disaat Sunset. Satu lagi yang perlu di amati adalah keunikan lokasi pura yang berada di atas bukit batu besar pinggir laut. Pada saat air surut dan tingginya tidak lebih dari selutut, kita bisa menyeberang menuju tempat itu.

Dengan tiket masuk Rp.7.500, -/orang untuk turis domestik dan Rp. 10.000,- untuk turis mancanegara, membuat tempat ini semakin ramai.Di tempat pengecekan tiket, awal masuk … ada banyak sekali penjual sourvenir. Hati – hati bilamana anda ingin berbelanja, karena disini sangatlah mahal. janganlah lupa untuk selalu menawar.

loading...

Berdasarkan sebuah sumber yang saya dapatkan, tempat ini merupakan kisah perjalanan seorang pendeta bernama Dang Hyang Nirartha yang berasal dari Jawa Timur yang menuju ke arah timur untuk menyebarkan ajaran agama Hindu. Hingga suatu ketika, Dang Hyang Nirartha tiba di sebuah pantai dengan pulau kecil di tengah laut dengan tanah parangan dan bebatuan keras di bagian bawah.

Baca juga :  Pantai Dreamland, Jimbaran kawasan Pecatu di Kota Bali

Ditempat itu sang pendeta beristirahat dan tak lama kemudian datanglah beberapa nelayan yang membawakan sesembahan untuk pendeta tersebut. Kemudian di tempat itu pula, Dang Hyang Nirartha menyampaikan ajaran agama Hindu dan menyarankan masyarakat sekitarnya untuk membangun sebuah tempat suci di pulau tempat dia menginap. Lalu, ketika sang pendeta wafat, masyarakat membangun tempat suci diatas pulau dengan nama Pura Luhur Tanah Lot yang artinya tanah di Tengah Laut.

Tidak sembarang orang boleh masuk ke dalam pura tersebut. Para wisatawan hanya di ijinkan melihat dari bawah pura. Hanya beberapa orang tertentu yang berkepentingan hendak sembahyang atau melakukan ritual kegiatan keagamaan yang di ijinkan masuk ke dalam pura. Berdasarkan sumber yang saya dapat, terdapat konsep Triangga yakni penggambaran tubuh manusia dari kepala, badan hingga kaki, lalu pura ini menjadi 2 tempat suci lainnya di Tabanan yaitu Pura Luhur Batukaru ( hulu ) dan Pura Puser Tasik ( madya ) serta Pura Tanah Lot sebagai hilirnya. Pura hulu dan hilir digambarkan sebagai simbol lingga dan yoni. Pura Luhur Batukaru sebagai lingga ( purusa ) dan Pura tanah Lot sebagai yoni ( segara ). Perpaduan menjadi sumber kehidupan yang mensejahterakan manusia sekitarnya.

Baca juga :  Kampoeng Wisata Taman Lele Kota Semarang

Di bagian utara pura, terdapat ular nih, dibawah tebing. Ular yang dikeramatkan adalah sebutannya. Ular dengan jenis pipih beracun berwarna hitam kuning ini dipercaya sebagai titisan selendang Dang Hyang Nirartha yang terlepas saat sedang bertapa dan hingga knii menjadi penjaga pura. Ditempat ini juga terdapat sumber air tawar yang bernama Tirta Pabersihan sebagai sarana memohon kesucian.

Semoga info ini bermanfaat ketika anda mengunjungi ke Bali ^_^.

pura_tanah_lot_13

pura_tanah_lot_12

pura_tanah_lot_11

pura_tanah_lot_10

pura_tanah_lot_9

pura_tanah_lot_4

pura_tanah_lot_5

pura_tanah_lot_6

pura_tanah_lot_7

pura_tanah_lot_8

pura_tanah_lot_1

pura_tanah_lot_21

pura_tanah_lot_2

loading...
Pura Luhur Tanah Lot di Bali | Omdimas | 4.5

Send this to a friend