11 Tips Cara Mengatur Keuangan Menghindari Sifat Boros

pinit fg en rect gray 28 11 Tips Cara Mengatur Keuangan Menghindari Sifat Boros

Tips Cara Mengatur Keuangan Menghindari Sifat Boros 11 Tips Cara Mengatur Keuangan Menghindari Sifat BorosShopping ?? enak gilaa ! apalagi lihat produk terbaru plus diskon … Bawaan buka dompet, keluarin duit, cash and carry atau kredit dulu ah alias ngutang. Hum … sebenarnya kalo kita mo shopping sah sah saja akan tetapi pengeluaran uang yang bukan kebutuhan akan membuat gaya hidup kita ke arah konsumtif. Ingat !! budaya konsumtif membuat kita terpuruk dalam bidang keuangan apalagi yang gaji nya pas2 untuk tiap bulan.

Kata shopping merupakan surga dunia untuk kaum hawa dan tidak akan bosan menjadi kupu – kupu untuk hinggap dari satu toko ke toko lainnya dan tak pelak Mall adalah incaran utama. Mungkin dari kebiasaan menghamburkan uang ada baiknya anda harus bisa mengerem kebiasaan buruk yang satu ini apalagi membeli barang yang uselless ! Nah, berikut ini tips cara mengatur keuangan agar tidak boros dan tidak bergaya hidup konsumtif versi omdimas.

1. Ketika menabung sisihkan lah sedikitnya 10% dari gaji tiap bulan.

2. Menabunglah ketika mendapatkan bonus gaji atau bonus akhir tahun, kalo ingin shopping gunakanlah sebanyak 50% kemudian sisanya ditabung.

3. Ketika THR biasanya kita boros untuk mudik atau apalah, sebaiknya ditabung kecuali ada hal yang dirasa sangat mendesak.

4. Membuat target untuk pengeluaran setiap hari hingga tiap bulan dan jangan sampai over. Berfikirlah sebelum membeli karena hal yang tidak penting bisa di pending dan utamakanlah yang paling penting. Kontrol nafsu belanja anda dan jangan terpikat dengan produk yang murah, jangan gengsi biar dikira kita kaya, jangan merasa karena kita dipandang orang lain dan yang terpenting jangan membuat asumsi dana pinjaman sebagai uang tambahan.

5. Kebutuhan dan keinginan sepintas sama, tapi camkan hal ini .. HARUS ANDA BEDAKAN !!! contoh kebutuhan adalah sembako, bayar listrik, telp, PAM dll sedangkan keinginan contohnya membeli motor terbaru, handphone terbaru padahal belum tentu bermanfaat hanya sebatas gengsi saja. Anda harus bisa membedakannya !

6. Gunakan uang sebijak mungkin untuk kepentingan utama barulah kepentingan sekunder dan sisanya tabunglah dibank.

7. Menghitung anggaran adalah hal yang sangat susah dan jarang sekali berhasil untuk permulaan. Jujur saja, anda pasti sangat benci dengan hal ini apabila keinginan untuk membeli ini itu di tunda. Untuk menghitung budget tiap bulan hingga tiap harinya sangat penting tapi lakukan hal ini secara bertahap dan disiplin ketika bertindak.

8. Menabunglah mulai dari nominal yang paling kecil seperti uang receh Rp. 500 atau Rp 1000. Masalahnya kadangkala ketika menabung dengan jumlah yang besar, hati kecil merasa sayang dan ingin membelanjakannya. Ingat tips no.7, lakukan secara bertahap.

9. Hindari pemakaian kartu kredit dan kurangilah penggunaannya dan dihitung2 anda akan selalu merasa ada beban tiap bulannya bila terus2 menggunakan kartu kredit.

10. Investasi dijaman sekarang adalah hal mutlak ! untuk itu belajarlah untuk berinvestasi. mulailah hal2 yang kecil terlebih dahulu, sekarang ini banyak koq tawaran investasi untuk jangka panjang.

11. Mendaftarlah di asuransi kesehatan, karena disaat usia kita tidak produktif lagi yaitu masa tua terancam berbagai macam penyakit. Syukur2 jangan sampai lah … Hanya buat jaga2 saja, percuma duit banyak tapi lama – lama habis untuk berobat. Kasihan anak – anak kita karena merasa terbebani. Pikirlah maju kedepan !

Kalo dikatakan kita terlalu cepat untuk memikirkan berhenti dari pekerjaan ternyata belum saatnya untuk pensiun dan menundanya karena tidak ada simpanan untuk masa tua hingga akhirnya kita harus bekerja lagi, padahal kita seharusnya menikmati hasil kerja keras di saat tua. Well .. akhir kata … belajarlah untuk menata masa depan untuk lebih baik lagi karena di usia tua anda akan menikmatinya dengan tenang. Wassalam …

Related Posts