Loading...

12 Cara Mengenal Lebih Jauh Blog Anda Untuk Mendapatkan Visitor Ribuan

By Selasa, Desember 25th, 2012 Kategori : SEO

Suatu hari, ada teman om yang menanyakan mo di isi apa ya blog nya ? Bagi omdimas sendiri ini adalah pertanyaan yang harus dijawab dia sendiri walaupun dia kebingungan. Doi juga menanyakan hal lain seperti bagaimana sih SEO nya ? Bagaimana caranya promosi nya ? Konsep nya seperti apa ? Well … sebagai teman yang baik omdimas berusaha menuntunnya untuk mencari ide, content apakah yang layak untuk di input di blognya.

Loading...

Hingga suatu titik dimana tuntunan yang omdimas arahkan menjadi buntu dan dia semakin kebingungan. Lalu omdimas balik bertanya kepada dia dan harus dijawab dengan sejujurnya bukan alasan semata. Tengok dalam hati kamu, bagaimana kah bila omdimas bertanya tentang bagaimana caranya mengenali blog mu ?

1. Tujuan Utama Ngeblog

Pertanyaan pertama yang harus dijawab dan jangan bingung, karena tujuan ngeblog ada yang mencari dollar, tempat curhat, hobi atau lainnya. Lalu bagaimana dengan tujuan kamu ketika membuat blog ?

2. Konsep Ngeblog

Setelah mendapatkan tujuannya, baru membuat konsep yang jelas. Konsep diisi diartikan blog kamu berisi tentang apa saja ? sebagai contoh anda membuat blog tentang gadgets, itu berarti kata umum dan kata khusus nya adalah membahas tentang handphone, laptop, ipad dll.

3. Topik Ngeblog

Kalo sudah tau konsep nya, baru anda mencari topik yang paling dikuasai. Ini penting saat anda menulis dan bukan copy paste loh ! Seperti contoh, topik ulasan gadgets, review gadgets, harga gadgets dan sebagainya.

4. Jumlah Pencarian Topik

Why ? Setelah menentukan topik yang ingin ditulis tetapi sangat sedikit orang yang mencari maka akan membuat anda frustasi karena kekurangan pengunjung. Tetapi apabila topik sudah terlalu umum, anda akan stres juga apabila banyak persaingan. Oleh karena itu, bijaksanalah untuk membuat keputusan.

5. Cek Index Google

Apabila sudah menulis artikel dengan jumlah yang cukup banyak, apakah sudah di index oleh Search Engine seperti Google belum ? Coba di cek “site:nama domain” (tanpa tanda petik) apabila nambah berarti bagus apabila berkurang berarti waspada lalu telusuri apa penyebabnya.

6.  Belajar SEO

Setelah menulis capek2, apakah anda pernah memperhatikan kualitas SEO nya ? berapa lama artikel anda di index ? 1 menit ? 5 menit ? 1jam ? ato berhari-hari ? Oleh karena itu anda juga harus mempelajari SEO agar blog km terindex dengan lancar.

7. Mempelajari SEO dengan Keyword Jitu

Setelah berkutat di dunia SEO, apakah anda mengetahui keyword utama atau keyword lainnya sebagai pendongkrak trafik untuk blog anda ? ini penting, maka pasanglah google webmaster, google analytics atau histats dan sebagainya untuk menganalisa blog kamu.

8. Backlink

Dulu, backlink adalah Raja tapi sekarang tidak menjadi pondasi utama karena sekarang yang diutamakan adalah content ! Walau begitu, backlink tetap memegang peranan penting untuk mengdongkrak SERP di Google. Sekarang anda cek terlebih dahulu, berapa jumlah backlink nya ?

9. Analisa Pengunjung

Menurut anda, komentar di blog anda sendiri sejauh ini seperti apa ? harus dicerna baik-baik apakah ada yang kurang ? Jadikan mereka sebagai penasihat anda karena secara tidak langsung mereka memberikan saran dan kritik kepada blog anda.

10. Social Media

Pernah kah anda mempromosikan blog anda di Social Media ? Lalu seberapa sering anda melakukan hal itu ? Hehehe …

11. Social Bookmark

Hal ini juga hampir sama dengan social media, tetapi mempromosikan situs anda di social bookmark cukup ampuh untuk menaikkan traffic pengunjung. Lalu apakah anda sudah melakukan hal itu ?

12. Analisa Jumlah Pengunjung

Hal ini juga sangat penting untuk mendapatkan kualitas pengunjung. Darimanakah mereka berasal, topik artikel apa saja yang mereka sukai ? Berapa jumlah pengunjung setiap hari ? Apakah mereka pengunjung yang setia di Blog Anda ?

Well, semoga 12 hal di atas dapat memberikan gambaran anda tentang blog anda sendiri. Karena bila anda tidak mengenali blog anda sendiri maka anda akan berada jauh di impian anda selama ini. Belajar lah dengan sabar dan tekun maka anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Tidak ada yang instant di dunia ini, apabila ada maka bagaimanakah cara anda mempertahankannya ?

Semoga artikel ini mengenal lebih jauh dengan blog anda untuk mendapatkan visitor ribuan bermanfaat untuk anda. Salam sukses teman !

12 Cara Mengenal Lebih Jauh Blog Anda Untuk Mendapatkan Visitor Ribuan | Omdimas | 4.5