Loading...

12 Teknik Memori Dalam Menghafal Dan Mengingat

By Sabtu, Mei 19th, 2012 Kategori : Serba - Serbi

Terdapat 12 teknik khusus yang membantu memori anda dalam menggunakan asosiasi, gambaran dan lokasi. Bila anda menyusun huruf pertama dari ke 12 teknik kunci ini ( dalam bahasa inggris), akan tersusun frasa ‘SMASHIN’ SCOPE’. ini cocok, karena dengan menerapkan 12 teknik ini akan memberikan ‘smashin’ scope’ (kesempatan mendobrak) pada pandangan moral memori anda.

Loading...

1. Synaesthesia/Sensuality

Sinestesia merujuk pada bauran dari yang dirasakan oleh indra. Pengingat terkenal alami pada umumnya dan semua ahli mnemonik, mengembangkan kepekaan yang semakin tinggi dari setiap indra mereka, dan kemudian membaurkan yang dirasakan indra ini untuk menghasilkan ingatan yang meningkat. Dalam mengembangkan memori anda harus meningkatkan kepekaan dan melatih secara teratur.

a. penglihatan
b. pendengaran
c. penciuman
d. pencecapan
e. perabaan
f. kinestesia – kesadaran posisi badan anda dan gerakan dalam ruang.

2. Movement (Gerakan)

Dalam gambaran mnemonik apa pun, gerakan menambah rentang kemungkinan raksasa dari otak anda menghubungkan dan oleh karena itu akan ingat. Kalau gambaran anda bergerak, buat menjadi tiga dimensi.

3. Association (Asosiasi)

Apa pun yang ingin anda ingat, pastikan anda mengasosiasikan atau menghubungkannya dengan sesuatu yang stabil dalam lingkungan mental anda.

4. Sexuality (Seksualitas)

Kita semua mempunyai memori yang baik dibidang ini. Gunakan !

5. Humor

Semakin aneh, tidak masuk akal, lucu dan tidak nyata yang anda buat, gambaran itu akan semakin mudah anda ingat. Bersenang- senanglah dengan memori anda.

6. Imagination

Einstein berkata, “imajinasi lebih penting ketimbang pengetahuan. Karena pengetahuan terbatas, sedangkan imajinasi mencakup seluruh dunia, merangsang kemajuan, melahirkan evolusi. ‘Semakin  banyak anda menerapkan imajinasi anda pada memori, memori anda akan semakin baik.’

7. Number [nomer]

Memberi nomor menambah spesifikasi dan efisiensi pada prinsip susunan dan urutan.

8. Symbolism (Simbolisme)

Menggantikan bayangan yang biasa atau membosankan dengan yang lebih berarti meningkatkan kemungkinan untuk mengingat.

9. Colour

Kalau memadai, dan untuk memungkinkan, gunakan semua warna pelangi untuk membuat ide anda menjadi lebih berwarna – wani dan oleh karena itu lebih mudah diingat.

10.  Susunan dan Urutan

Dalam kombinasi dengan prinsip – prinsip yang lain, susunan dan atau urutan memungkinkan jauh lebih banyak rujukan seketika dan meningkatkan kemungkinan otak untuk mengakses secara acak.

11. Positive images (Bayangan Positif)

Dalam bayangan yang paling seketika, positif dan menyenangkan lebih baik untuk diingat, karena bayangan positif membuat otak ingin kembali ke bayangan itu. Bayangan negatif tertentu, walaupun menerapkan semua prinsip di atas, dan walaupun bayangan itu sendiri ‘mudah diingat’, mungkin dihambat oleh otak karena otak merasa kemungkinan kembali ke bayangan seperti itu tidak menyenangkan.

12. Exaggeration ( Berlebih – lebihan )

Dalam semua bayangan anda, buat ukuran, bentuk, warna dan suara berlebihan.

Sekarang setelah anda memiliki tiga prinsip utama dan 12 teknik, renungkan dengan seksama dalam imajinasi anda cerita mengenai planet. Ketika anda menelusurinya, selangkah demi selangkah, hitunglah berapa kali cerita itu menggunakan ketiga prinsip tadi, dan berapa banyak dari 12 teknik diatas.

Sekarang anda dapat mengetahui mengapa anda melakukan dengan demikian cemerlang dan mengapa, bila anda menggunakan memori anda dengan cara yang didesain untuk digunakan, hasilnya akan luar biasa bagi anda.

12 Teknik Memori Dalam Menghafal Dan Mengingat | Omdimas | 4.5