Loading...

Cara Pemeriksaan Rutin Bayi

By Selasa, Juni 25th, 2013 Kategori : Keluarga & Anak

Cara Pemeriksaan Rutin Bayi – Setelah pulang dari rumah sakit, bayi harus senantiasa dibawah pengawasan seorang bidan atau dokter. Sekarang ini telah banyak puskesmas didirikan oleh pemerintah maupun rumah sakit swasta. Sebaiknya bayi diperiksakan pada dokter, puskesmas atau posyandu sejak bayi berumur kira-kira sepuluh hari. pada bulan-bulan pertama dilakukan pemeriksaan seminggu sekali. Bila bayi sudah agak besar, pemeriksaan dilakukan dua minggu sekali dan akhirnya sebulan sekali.

Loading...

Guna pemeriksaan bayi diPuskesmas bagian KIA (konsultasi Ibu & Anak ) ialah untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit pada bayi. Perlu diingat bahwa KIA bukanlah tempat pengobatan bayi sakit, tetapi tempat pemeriksaan bayi sehat. di KIA bayi ditimbang dan dilihat apakah penambahan berat badannya sudah sesuai dengan umurnya, diberi nasihat tentang makanan bayi dan untuk ibunya sendiri, dilihat apakah perkembangan bayi cukup pesat, serta diperhatikan kesehatan umumnya.

Bila ternyata bayi sakit, biasanya tidak dirawat di KIA, tetapi diteruskan ke poliklinik untuk orang sakit. Dengan demikian dapat dicegah timbulnya penyakit yang lebih berat. selain itu, di KIA dapat pula disuntik DPT, anti polio, anti campak, BCG dan vaksinasi lainnya. Bila anak sudah berumur lebih dari setahun, ada baiknya memeriksakan pada dokter sekali tiap tiga bulan.

Semoga Artikel Cara Pemeriksaan Rutin Bayi ini bermanfaat untuk anda ^_^

Cara Pemeriksaan Rutin Bayi | Omdimas | 4.5