Loading...

Dua Sisi Positif Dan Negatif Dari Sayuran

By Tuesday, May 22nd, 2012 Kategori : Kesehatan
Loading...

Di awal peradaban manusia, makanan nabati – buah-buahan dan sayuran telah menjadi sumber nutrisi penting bagi manusia. Orang dapat hidup hanya dengan makan sayuran dan buah – buahan Bahkan, hanya makan satu diantaranya.

Budaya makan sayuran pun terus berlangsung sepanjang sejarah hidup manusia dan berlanjut hingga sekarang. Walaupun bukan makanan pokok yang menyumbang banyak energi , sayuran memiliki fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan proses metabolisme dan fisiologi tubuh.

Nilai Positif Sayuran

Dari sayuran kita memperoleh asupan berbagai macam mineral dan mineral yang kompleks, bahkan tidak kita temukan dari makanan lainnya. Masing – masing mineral dan vitamin memiliki fungsi yang berbeda – beda, sehingga keberadaannya tidak bisa digantikan satu dengan yang lainnya.

Sayuran tidak hanya menyediakan zat gizi yang diperlukan tubuh, tetapi juga mengandung komponen non-gizi yang sangat berguna untuk kesehatan. Setiap jenis sayuran memiliki kandungan gizi yang berbeda.demikian pula dengan fitokimia yang dikandungnya.

Walaupun tidak memiliki peran dalam fisiologi tubuh seperti yang dimiliki oleh zat gizi. Keberadaan fotokimia pada sayuran sangat penting. Fitokimia berperan untuk menjaga tubuh dari berbagai kemungkinan penyakit. Baik penyakit yang disebabkan oleh parasit maupun penyakit non-infeksi.

Nilai Negatif Sayuran

Secara umum sayuran disebut sebagai makanan sehat. Namun hal ini tidak berlaku bagi semua individu. Bagi orang yang sehat, makan sayuran apapun tidak akan menimbulkan masalah. Sebaliknya, tidak demikian dengan orang yang sakit.

Selain mengandung zat gizi dan fitokimia yang bermanfaat, sayuran tertentu juga mengandung komponen lain yang merugikan bagi tubuh. Di satu sisi sayuran tersebut sehat untuk dikonsumsi, disisi lain bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit.

Merugikan bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan atau saat sedang menderita penyakit tertentu. Namun bagaimanapun sayuran tetap merupakan sumber nutrisi yang bermanfaat, meskipun ada komponen yang merugikan untuk kondisi tertentu.

Beberapa jenis sayuran mengandung zat antigizi yang akan mengurangi tingkat serapan unsur gizi yang lain. Bahkan ada unsur gizi tertentu tidak dapat diserap tubuh. Akibatnya, komponen gizi tersebut mubazir.

sisi positif dan negatif tawuran

Dalam hal ini pemilihan jenis sayuran dan cara pengolahan yang tepat memegang peranan penting bahkan sebagai kunci utama untuk meningkatkan ketersediaan unsur gizi dari sayuran yang bersangkutan.

Loading...
Dua Sisi Positif Dan Negatif Dari Sayuran | Omdimas | 4.5