Loading...

Manfaat Daun Sukun

By Jumat, Januari 6th, 2012 Kategori : Kesehatan

Pohon sukun yang seringkali dipergunakan adalah daun dan buahnya. Banyak makanan menggunakan bahan dari buah sukun seperti contoh gorengan dan salah satu makanan favorite masyarakat. Karena rasanya yang gurih dan gampang di makan karena lunak seperti roti dan sering kali kita jumpai di pasar tradisional. Selain itu ada pula bagian dari pohon sukun yaitu daun sukun yang sering dijadikan obat-obatan tradisional.

Loading...

Daun sukun yang bentuknya lebar mempunyai manfaat khusus untuk kesehatan bila anda mengonsumsinya minimal satu gelas per hari bisa mengobati berbagai macam penyakit seperti penyakit ginjal, penyakit kolesterol yaitu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di darah, penyakit asam urat,  dan lain – lain.

Cara mengobati penyakit gangguan ginjal dengan daun sukun :

1). Sediakan daun sukun yang sudah kering sebanyak 15 gram kemudian di potong2 menjadi lebih kecil. Kemudian campurkan dengan air panas layaknya membuat teh. Lalu, saringlah ramuan tersebut kemudian ambil airnya. Untuk menghindari rasa pahit bisa ditambahi dengan madu atau gula pasir.

2.) Cara ke 2 yaitu petiklah daun sukun tua yang masih nempel di pohon lalu cuci bersih. Potonglah daun tersebut lalu jemurlah tapi jangan langsung terkena sinar matahari hingga kering. Kemudian siapkan lah tempat kemudian isi dengan air bersih sebanyak 2 liter. Sebaiknya memasaknya dengan panci yang berasal dari gerabah agar tidak hilang khasiatnya. Lalu panaskan hingga air mendidih hingga separuhnya. Kemudian tambahi lagi air bersih sebanyak 1 liter lalu panaskan lagi hingga mendidih kemudian disaring. Daun sukun yang sudah direbus dengan air akan berubah airnya menjadi warna merah seperti teh. Gunakan madu atau gula pasir sebagai penghilang rasa pahit.

Cara menurunkan kolesterol dengan daun sukun :

Sediakan daun sukun sebanyak 15 gram lalu campurkan lah dengan daun bangle dengan takaran yang sama atau sebanyak 2 sendok teh serbuk bangle. Lalu panaskan air hingga mendidih seperti membuat teh. untuk meredakan rasa pahit gunakan gula pasir atau madu.

Cara mengobati asam urat dengan daun sukun :

Sediakan daun sukun yang sudah kering sebanyak 15 gram lalu campurlah dengan daun greges otot sebanyak 2 sendok teh yang berbentuk serbuk. Panaskan hingga mendidih lalu disaring kemudian diminum saat dingin. Kek minum teh dan untuk meredakan rasa pahit tambahi saja gula pasir atau madu.

Catatan penting :

Pada saat anda minum ramuan daun sukun yang anda buat, ada pantangan khusus yaitu janganlah makan daun singkong, daun kangkung dan sayur bayam. Untuk makanan yang berasal dari daging, jangan makan jeroan dan daging merah. alasannya adalah ketika memakan makanan yang disebutkan akan membuat darah menjadi kental sehingga otot bisa menjadi kram.

Manfaat Daun Sukun | Omdimas | 4.5