Loading...

Manfaat Kayu Manis

By Thursday, April 19th, 2012 Kategori : Kesehatan
Loading...

Kayu manis sebetulnya merupakan kulit manis yang merupakan sejenis pohon rempah-rempah. Karena kayu manis sendiri memiliki rasa yang amat beraroma, manis, dan pedas. Disebutkan dalam kitab perjanjian lama bahwa manfaat kayu manis merupakan sebagian bumbu tertua yang dipaki oleh orang, bumbu tersebut dipakai oleh orang-orang mesir kuno sekitar 5000 tahun sebelumnya.

Pada umumnya juga kayu manis digunakan oleh beberapa orang untuk mengobati penyakit diabetes. Hal tersebut dikarenakan kayu manis dengan aroma manis ini bekerja terhadap pankreas. Sebab pankreas merupakan salah satu organ tubuh yang memproduksi insulin. Pada penderita kencing manis, tubuh mengalami gangguan sehingga tidak bisa memproduksi insulin yang dibutuhkan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Kayu berkulit kasar itu ternyata tersusun dari senyawa sinamaldehid. Sinamaldehid merupakan turunan dari senyawa fenol. Di dunia kedokteran, senyawa sinamaldehid diketahui memiliki sifat anti-agregasi platelet dan sebagai vasodilator secara in vitro. Platelet adalah kolesterol yang menempel pada pembuluh darah. Agregasi (pengumpulan) platelet menyebabkan terjadinya asterosklerosis atau lemak mengeras di pembuluh arteri pada makhluk hidup.

Kayu manis atau cinnamon memiliki kandungan berbagai senyawa kimia, yaitu minyak atsiri eugenol, safrole, juga kandungan sinamaldehyde, tanin, kalsium oksalat, damar, dan penyamak. Penelitian Fauzan Azima (2004), mahasiswa Program Doktor di Program Studi Ilmu Pangan IPB menunjukkan, ekstrak kulit pohon kayu manis efektif untuk menghambat pembentukan Low Density Lipoprotein (LDL = kolesterol jahat) di dalam darah.

Dalam penelitian menyatakan selain dapat mencegah aterosklerosis, manfaat kayu manis juga mengandung senyawa antioksidan yang efektif mencegah kanker. Sebenarnya, untuk melindungi dari oksidatif yang disebabkan radikal bebas, tubuh menyediakan enzim antioksidan seperti superoksida dismutase (SOD), katalase, glutation peroksidase (GPx), senyawa antioksidan dan radical scavenger seperti glutation, ubiquinol dan asam urat. ”Hanya saja, kadang karena produksi radikal bebas melebihi normal, tubuh butuh asupan antioksidan dari makanan. Di sinilah kayu manis sangat dibutuhkan,” kata Fauzan.

Loading...
Manfaat Kayu Manis | Omdimas | 4.5