Loading...

Manfaat Keistimewaan ASI

By Tuesday, June 25th, 2013 Kategori : Keluarga & Anak
Loading...

Manfaat Keistimewaan ASI – Amanah seorang ibu setelah melahirkan adalah menyusui si buah hati. Semenjak awal, ibu sudah harus mulai belajar menyusuinya. Memang saat itu ASI belum keluar karena umumnya ASI baru keluar 3-4 hari sesudah kelahiran.

Tak perlu cemas si buah hati bakal kelaparan karena pada hari-hari pertama bayi belum perlu banyak cairan. Belajar untuk memberikan ASI sesudah proses melahirkan yang sangat melelahkan akan merupakan sebuah perjuangan yang cukup berat. Namun bila anda mampu bertahan dan mengikuti beberapa petunjuk ini, munkin anda akan dapat merasakan manfaatnya.

Merupakan hal yang sangat alami dan mengagumkan melihat seorang ibu menyusui anaknya. sebuah permulaan yang merupakan pemberian terbaik bagi si bayi. Namun, walaupun bagi sebagian ibu hal tersebut terlihat mudah, tetapi banyak juga yang mengalami kesulitan dalam melakukannya. Dengan membengkaknya payudara, putih yang sakit dan tangisan bayi meminta susu, kadangkala terlihat akan lebih muda untuk menyerah dan beralih ke susu formula. Namun bila kaum ibu dapat melakukannya dengan benar dan sabar, Anda akan menerima banyak manfaat.

Dengan menyusui bayi anda sendiri, berarti anda telah memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi anda, melindunginya dari sejumlah infeksi dan yang paling penting ialah anda telah menjalin hubungan yang sangat spesial antara anda dan bayi anda.

Keuntungan dan keajaiban ASI :

1. Air susu ibu bebas penyakit, kecuali bila buah dada terkena radang.

2. Air susu ibu langsung diminum secara mentah dan segar. Ini berarti semua zat hidrat arang. Zat putih telur dan lemak serta segala vitamin dan mineral tetap baik mutunya.

3. Air susu ibu mengandung semua zat yang dibutuhkan oleh bayi dalam perbandingan yang tepat sehingga mudah dicernakan dan diserap oleh usus.

4. Air susu ibu mengandung semua zat penangkis terhadap beberapa penyakit, misalnya campak. Selain itu mengandung sel darah putih untuk menambah daya tahan tubuh terhadap infeksi.

5. Air susu ibu mengandung zat laktoferin yang mengikat unsur besi, sehingga selama di usus tidak ada zat besi yang hilang.

6. Air susu ibu jarang sekali menyebabkan bayi menderita eksim karena tidak tahan terhadap protein.

7. Air susu ibu siap sedia diperoleh kapan saja dan tidak memerlukan ongkos apa pun. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa seorang ibu yang sedang menyusui hendaknya berusaha makan semua zat-zat yang diperlukan untuk produksi susu.

8. Suhu air susu ibu sesuai dengan suhu kebutuhan bayi, sehingga tidak perlu dipanaskan lagi.

SEmoga Artikel Manfaat Keistimewaan ASI ini bermanfaat untuk anda ^_^

Loading...
Mekitebal com Poto meki ibu
Manfaat Keistimewaan ASI | Omdimas | 4.5