Loading...

Manfaat Mahkota Dewa

By Jumat, April 20th, 2012 Kategori : Kesehatan

Manfaat Mahkota dewa itulah namanya, buah yang satu ini biasanya digunakan sebagai obat tradisional secara alami. Sudah tidak diragukan lagi khasiat dari tanaman ini. Tidak hanya buah dari mahkota dewa, melainkan batang dan daunnya dapat digunakan sebagai obat pula. Tapi tidak langsung dapat digunakan, akan tetapi membutuhkan proses untuk dijadikan sebuah obat.

Loading...

Pada umumnya buah dari mahkota dewa digunakan dengan dijadikan sebagai teh untuk pengobatan. Dan jangan terkejut juka anda setelah menggunakan ramuan tersebut terasa ngantuk dan kadang dapat memabukkan akibat efek sampingnya. Hal tersebut memang normal. Tapi jika anda ingin terhindar dari efek sampingnya, dianjurkan untuk minum air putih lebih banyak dan kurangi dosis dari racikan tersebut. Jika masih tetap mabuk, sebaiknya untuk sementara hentikan dulu.

Khasiat mahkota dewa bagian lain yang bisa dijadikan obat adalah batang dan daun. Batang mahkota dewa secara empiris bisa mengobati kanker tulang. Sedangkan daunnya bisa menyembuhkan lemah syahwat, disentri, alergi, dan tumor. Cara memanfaatkan daun adalah dengan merebus dan meminum airnya.

Dalam proses menyembuhkan penyakit dalam atau penyakit serius macam kanker rahim, setelah pasien mengonsumsi seduhan mahkota dewa badannya bisa merasakan panas-dingin, bahkan kadang kala mengeluarkan gumpalan darah berbau busuk. Ini merupakan proses pembersihan penyakit. Perlu diingat juga untuk wanita yang hamil muda agar menghindari dari obat ini. Mahkota dewa mampu berperan seperti oxytosin atau sintosinon yang dapat memacu kerja otot rahim sehingga memperlancar proses persalinan. Ini bisa membahayakan kehamilan yang masih muda.

Selama ini daun dan buah mempunyai manfaat mahkota dewa digunakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya di Jawa, sebagai obat penyakit kulit, gatal-gatal, dan eksim. Soal kemampuan melawan penyakit kulit ini Sumastuti sudah membuktikannya. Dari penelitian secara in vitro menggunakan usus halus marmot, diketahui, memang benar daun dan buah mahkota dewa mempunyai efek antihistamin. Artinya, tanaman tersebut secara ilmiah bisa dipertanggungjawabkan penggunaannya sebagai obat gatal-gatal akibat gigitan serangga atau ulat bulu, eksim, dan penyakit lain akibat alergi.

Manfaat Mahkota Dewa | Omdimas | 4.5