Loading...

Manfaat Minyak Ikan

By Minggu, Februari 26th, 2012 Kategori : Kesehatan

Sapa yang pernah mengkonsumsi minyak ikan ? bukan minyak goreng loh buat menggoreng melainkan minyak ikan dalam bentuk kapsul dan ada juga yang berbentuk cair. Dulu ketika kecil, om sering mengkonsumsi minyak ikan dan khasiat minyak ikan sangat penting untuk perkembangan mata, perkembangan otak dan masa pertumbuhan. Sumber zat gizi yang rendah kolesterol ini disarankan oleh ahli gizi dan kesehatan untuk dikonsumsi bayi, balita bahkan orang dewasa.

Loading...

Minyak ikan mengandung Asam lemak omega-3 sangat bagus untuk perkembangan otak yaitu kecerdasan dan sangat bagus untuk indera penglihatan. Selain itu berguna untuk sistem kekebalan tubuh bayi dan balita. Minyak ikan dipercaya mampu mencegah timbulnya berbagai penyakit karena sistem imun yang bagus.

1. Manfaat minyak ikan sebagai sumber lemak rendah kolesterol

Karena rendah kolesterol, maka penyakit serangan jantung koroner dapat dicegah dan dihindari. Contohnya gaya hidup bangsa eskimo yang mengkonsumsi minyak ikan setiap hari.

2. Manfaat minyak ikan sebagai sumber kecerdasan

Ingin pembuluh darah kuat, meningkatkan kecerdasan dan menghindari penyakit hipertensi serta penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah sebaiknya mengkonsumsi minyak ikan karena dipercaya menurunkan resiko kematian akibat penyakit ini.

3. Khasiat minyak ikan sebagai sumber vitamin A dan vitamin D

Sangat baik untuk mata dan menjaga kesehatan mata dan pertumbuhan gigi dan tulang semakin kuat. Tingkat vitamin ini tergantung dari usia ikan, semakin dewasa usia ikan nya semakin bagus kadar vitaminnya.

4. Manfaat minyak ikan untuk mencegah kebutaan

Lansia rentan akan penyakit mata dan disarankan untuk mengkonsumsi minyak ikan kurang lebih 2 kali dalam seminggu.

5. Khasiat minyak ikan sebagai sumber asam lemak omega-3 jamak

Minyak ikan dipercaya dapat menurunkan kadar superoksida yang bisa merusak jaringan otot jantung.

Dalam penyimpanan kualitas minyak ikan sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan hindari penyimpanan yang panas. Tutuplah ditempat yang rapat dan kedap udara agar manfaat minyak ikan tersebut dapat terjaga dengan baik. Satu hal yang perlu diperhatikan, jangan terlalu banyak mengkonsumsi minyak ikan karena menimbulkan efek keracunan. Konsultasilah dengan dokter sebelum mengkonsumsi nya agar merasa aman.

Manfaat Minyak Ikan | Omdimas | 4.5