Loading...

Manfaat Sirih Merah

By Jumat, April 20th, 2012 Kategori : Kesehatan

Banyak orang yang tidak mengetahui tentang khasiat bahan alami yang ada di sekitar rumah mereka. Termasuk tanaman yang ada di sekitar rumah juga bermanfaat bagi kesehatan kita. Misalnya manfaat dari tanaman sirih merah. Sudah tidak diragukan lagi manfaat sirih merah yang besar yang terkandung dalam tanaman ini.

Loading...

Walaupun pengobatan secara tradisional dan turun-temurun menggunakan tanaman sirih merah ini ternyata juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman sirih merah sudah dikenal oleh masyarakat jawa pada umumnya untuk mengobati berbagai penyakit. Ada juga sebagai pelengkap dalam upacara adat, misalnya dalam perkawinan adat Jawa. Daun sirih juga dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menyusurnya (makan sirih).

Ramuan sirih merah :

Organ mulut
Ambil daun sirih 5 lembar, dicuci dan direbus dengan dua gelas (400 ml) sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Dinginkan, dan pakai untuk obat kumur tiga kali sehari. Ramuan ini sangat baik untuk mengobati gusi berdarah, sariawan, gigi berlubang, bau mulut, dan radang tenggorokan.

Radang mata
Gunakan 4 lembar daun sirih, dicuci hingga bersih. Lalu direbus dengan air sebanyak 2 gelas hingga munguap dan tinggal 1 gelas. Setelah dingin, air tersebut digunakan untuk merendam mata yang sakit. Gunakan tidak lebih dari tiga kali sehari agar tidak terjadi iritasi pada lapisan mata.

Organ kewanitaan
Ambil daun sirih merah tua 8 lembar dicuci bersih, kemudian diiris-iris selebar 1 cm. Rebus dengan air 800 ml sampai mendidih. Setelah dingin, dipakai untuk membersihkan organ kewanitaan dua kali sehari.

Obat batuk atau penambah nafsu makan
Siapkan daun sirih merah yang tidak terlalu tua sebanyak 10 lembar, cuci, kemudian rendam dalam alkohol 70 persen selama 30 menit. Daun sirih merah ditambah gula putih 100 gram direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Setelah dingin, tuangkan ke dalam botol yang bersih dan steril. Ramuan ini bisa diminum tiga kali sehari, sekali minum satu sendok makan.

Diabetes
Siapkan tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih semua daun, kemudian iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak tiga gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Minum sehari tiga kali sebelum makan, sekali minum setengah gelas.

Semoga informasi khasiat sirih merah ini bermanfaat untuk anda. Wassalam …

Manfaat Sirih Merah | Omdimas | 4.5