Loading...

Tips Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita Secara Alami

By Sabtu, Januari 7th, 2012 Kategori : Kesehatan

Keputihan apaan sih ? Kalo bagi cowok pasti banyak yang ga tahu dan biasanya tentang penyakit keputihan hanya di derita pada wanita. Tapi ada juga bagi wanita yang tidak tahu tentang keputihan karena belum pernah mengalami keputihan. Keputihan adalah sejenis aktivitas yang tidak normal dan terjadi karena adanya infeksi di bagian vagina seperti adanya benda yang tidak dikenal hingga akhirnya vagina terinfeksi. Kebanyakan wanita pernah mengalami hal ini dan penyebabnya adalah virus, bakteri trichomonas vaginalis dan jamur.

Loading...

Keluhan tentang keputihan membuat rasa nyaman berkurang dengan adanya rasa gatal, rasa perih hingga bau yang tidak sedap. Hingga akhirnya yang dituding sebagai penyebab adalah kurang bersihnya organ vagina wanita. Bakteri dan virus ini sangat menyukai daerah yang lembab apalagi di daerah organ intim ini yang sangat sensitif.

Ada juga hal yang tidak sengaja seperti kebiasaan menggunakan tampon, iritasi saat bergesekan penis ( hubungan seksual ), penggunaan alat kontrasepsi dan lain lain. Penyakit keputihan ini harus diwaspadai karena bisa memicu kanker leher rahim. Cairan yang berwarna kuning dan hijau yang dihasilkan cukup banyak saat keputihan. Bentuknya kental, lengket, baunya tidak enak dan rasanya gatal atau panas ditambah adanya luka disekitar mulut vagina.

Penyakit keputihan patologis bila dibiarkan dan tidak diobati dalam jangka panjang bisa dituding sebagai biang kemandulan karena bakteri dan virus nya yang sudah menginfeksi menyebar luas hingga ke dalam rongga rahim, sel telur sampai di bagian rongga panggul. Jadi anda perlu mengetahui penyebab penyakit keputihan patologis :

1. Virus penyebab keputihan

Waspadailah saat anda menderita keputihan karena banyak virus yang berbahaya akan menginfeksi dan apabila dibiarkan akan menjadi kanker rahim. Seperti virus penyakit kelamin HIV AIDS, virus herpes dari hubungan sex, luka disekitar vagina yang indikasinya kulit melepuh kemudian adanya cairan yang terasa gatal dan panas.

2. Jamur candida atau biasa disebut monila penyebab keputihan

Pil KB ternyata memicu tumbuhnya jamur dan akhirnya keputihan, saat daya tahan tubuh melemah ataupun penyakit kencing manis. Selain itu bisa menyebabkan bagian mulut vagina menjadi warna merah dan akhirnya meradang.

3.  Bakteri garnella penyebab keputihan

Apabila ada keputihan tapi tidak ada gejala dan rasanya tidak gatal atau panas biasanya indikasinya ada cairan yang encer, berwarna putih abu abu, ada buh dan baunya amis. Setelah hubungan sex, baunya akan tercium sangat tajam selain itu bau dari darah menstruasi sangat menyengat.

4. Parasit trichomonas vaginalis penyebab keputihan

Jenis keputihan yang satu ini anehnya tidak merasakan gatal akan tetapi terasa nyeri dibagian liang vagina apabila ditekan. hal ini dipicu melalui perlengkapan mandi. ciri khas dari keputihan ini adalah adanya cairan yang kental dan berbuih, berwarna kuning atau hijau dan baunya terasa anyir.

Berikut ini 5 tips cara mengatasi dan menghindari keputihan :

1. Jagalah kebersihan vagina

2. Hindarilah penggunaan bedak pada vagina

3. Menggunakan bahan celana sintetik yang menyerap keringat dan dapat cepat dengan kering.

4. Gantilah pembalut sesering mungkin dan keringkan vagina terlebih dahulu sebelum memakai pakaian.

5. Gunakan Panty liner secukupnya

Bila keputihan mengganggu dan anda bingung untuk mengobatinya, om sarankan konsultasilah ke dokter agar mendapatkan perawatan secara medis. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda terutama kaum hawa.

Tips Cara Mengatasi Keputihan Pada Wanita Secara Alami | Omdimas | 4.5